Bangsa profisional


Bangsa Profesional

Sebuah bangsa di sebuah negara harus menjaga agar sumber daya manusianya bermutu atau berkualitas dalam kuantitas keterampilan dan keahlian yang memadai keburuhannya, serta tindak lanjut setiap sumber daya manusia atau SDM merupakan orang dengan ciri dan setiap profesi dalam bidang perekonomian apa saja berlandaskan pada pendidikan/ pelatihan, pengalarnan dan kestabilan serta keterampilan tertentu serta berperilaku sesuai dengan pekerjaannya.Bangsa yang SDM-nya klan menjadi profesional semakin rnudah membangun dan membesarkan bangsa serta negaranya, sehingga keutuhan bernegara dan berbangsa satu semakin menjadi kokoh
Alhasil sebagian besar kekayaan sumber alam negara terbelakang di bawah kekuasaan mereka yang memiliki teknologi dan ilmu pengetahuan yang canggih, karena mereka para profesional di negara yang maju SDM-nya mampu menciptakan tcknologi dan ilmu pengetahuan mutahir dan berpengalaman dalam menerapkannya. Sedangkan profesionalisme negara berkernbang hanya sampai membeli dan memakai ilmu pengetahuan dan teknologi negara maju.
 Kemajuan negara semakin memperkokoh persatuan di dalam negara. Bertindak berdasarkan nilai walaupun sulit untuk melakukannya Mereka yang berwewenang harus berani mengambil tindakan atas perilaku orang lain yang tidak baik untuk kepentingan negara dan bangsa..
Tindakan yang bernilai baik ini untuk kepentingan  Negara dan bangsa walaupun sulit dilaksanakan, tetapi tindakan ini yang sangat disukai dan mulia di mata masyarakat banyak. Keadaan ini akan membawa keutuhan bersama atau integrasi di antara warga di sebuah negara yang semakin menyatu. Integrasi yang semakin kokoh, sernakin baik tindakan berdasarkan nilai, walaupun sulit untuk melakukannya.
. Semakin kacau negara dan bangsa membawa perpecahan akan bertambah sukar dan lebih takut pemegang wewenang untuk melakukan tindakan yang benar untuk kepentingan bangsa dan negara.
Tipologi penguasa seperti ini akan membawa kekecewaan pada masyarakat banyak yang mau negara ini benar dengan segala tindakan pengelola negara yang benar pula. Tindakan penguasa ini banyak mengecewakan banyak orang dan kebanyakan orang tidak menyukainya dan mengambil jarak detigati kelakuan dan penguasa semacam ini Keadaan ini semakin mudah terjadi ketidaksenangan, sehingga terjadi perpecahan atau disintegrasi yang bertambah besar di antara penguasa dan masyarakat banyak yang ingin penguasa berperilaku benar dengan pekerjaan demi kepentingan negara dan bangsanya.
Kondisi ini yang mempercepat  kebersamaan di antara anggota masyarakat di sebuah negara. Semakin erat hubungan antara warga bangsa dalam satu negara yang sernakin bersatu membuat lebih wajar, lebih pantas, lebih patut, atau lebih terhormat tanpa mengada-ada demi masyarakat banyak yang benar untuk kepentingan persatuan negara dan bangsa. Semakin layak penghidupan masyarakat banyak semakin kuat integrasi bangsa dan semakin kuat persatuan akan semakin lebih kuat kelayakan hidup rakyat banyak.
Menjaga integrasi bangsa dan negara harus menjaga kelayakan berpikir, berperasaan dan bertindak untuk negara dan bangsa dan menjauhkan segala kepentingan sendiri. kelompok, partai. dan keluarga, serta teman bila hendak menjadi abdi negara yang berbakti dan berbudi luhur untuk negara dan bangsanya yang selayaknya. Kelayakan dan integrasi harus saling mengembangkan.

Comments

Popular posts from this blog

Kamu punya hati ?

Islam dan politik etis masa kolonial

5 Kamera Murah untuk Youtuber Pemula