analisis pasar internasional
ANALISIS
PASAR INTERNASIONAL
Nurul hidayat
Ahmad ahyarullah
Mardones
Abdulrotip
Pemasaran
internasional sering mencerminkan dimana pola pengeluaran berada diseluruh
dunia dan terkait dengan budaya daerah, Adat, dan pengaruh social ekonomi
lainnya. Riset analisis pasar internasional bisa sangat menantang ketika
mencoba mengumpulkan data bagian terpencil dunia, Dimana perbedaan Bahasa dan
aksebilitas terbatas pada orang luar menimbulkan hambatan komunikasi. Riset pemasaran
internasional sangat penting untuk perusahaan yang berencana untuk mengekspor
barang-barang mereka ke negara lain.
Riset
pemasaran internasional mengikuti langkah-langkah seperti riset domistik dari
merumuskan masalah riseet dan pengembangan rencna riset sampai dengan
menginterpretasi dan melaporkan hasilnya. Jika digunakan dengan baik dan tepat,
maka riset pemasaran bermanfaat baik untuk perusahaan yang mengsponsori maupun
pelanggannya.membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik yang
pada gilirannya menghasilkan produk dan jasa Yang lebih memenuhi kebutuhan
konsumen.
Kebijakan Public Dan Etika Dalam riset Pemasaran
Jika digunakan dengan baik yang tepat, Maka riset pemasaran bermanfaat baik untuk
perusahaan yang mengsponsori maupun untuk pelanggannya.membantu perusahaan
untuk mengambil keputusan yang lebih baik yang pada gilirannya akan
menghasilkan produk dan jasa yang lebih memenuhi kebutuhan konsumen.
Analisis Informasi
Informasi yang dikumpulkan oleh nintelejen pemasan analisis
pasar internasional dan system riset pemasarmn pemasaran sering kali masih
memerlukan analisis dan adakalanya manager perlu bantuan lebih lanjut
menerapkkannya dalam menghadapi masalah dan keputusan pemasaran.
Analis Peluang Internasional
Suatu perusahaan akan memasuki pasar luar negeri,
Dikarenakan tujuan untuk meningkatkan laba penjualan dan penjualan serta
melindungi pasar, Keuntungan, Dan penjualan. Oleh karena itu suatu perusahaan perlu
untuk merumuskan strategi bisnis internasional mulai dari menganalisi peluang
internasioanal. Dalam analisis ini, Suatu perusahaan perlu mengetahui cara-cara
masuk yang di pakai untuk bersaing dalam suatu pasar.
Tahap 1) : Indentifikasi daya Tarik utama
Kita telah melihat bahwa perusahan-perusahaan internasional
selesai mengingkatkan penjumlahan juga untuk mendapatkan sumber daya langka
utama dalam mengidentifikasi pasar potensial adalah untuk menilai permintaan
dasar untuk suatu produk. Demikian pula, lankah pertama dalam memilih tempat
untuk falitas dalam melakukan prudoksi atau kegiatan lain adalah menyelidiki
ketersediaan sumber daya yang diperlukan
.
Masuk dan kompetisi pasar international
Salah
satu perkembangan paling signifikan dalam Praktik dunia usaha dewasa ini adalah
pertumbuhan pesat aktifitas internasional. Ekspor, investasi langsung asing dan
penetuan sumber pengaadaan produk dalam komponen di luar negeri telah merebak
secara dramatis dalam situasi seperti itu. Banyak perusahaan yang memasuki
pasar internasinal untuk mencari sumber komponen secara lebih efektif dan
memasuki pasar produk yang bertumbuh yang lebih menjanjikan dibaningkan pasar
domestik
Konsep masuk pasar
Konsep masuk pasar (market
entry) berkaitan dengan kemudahan atau
kesulitan didalamnya perusahaan dapat menjadi anggota kelompok perusaahaan yang
bersaing dengan menghasilkan subtitusi erat untuk produk yang mereka
tawarkan.perusahaan hars mengembangkan seprangcat produk, asset, dan aktifitas
manajemen untuk pasar baru yang disusupi kepentingannya disini terletak pada
kepentingan pasar internasional baru. Masuk yang berhasil akan tergantung pada
sejumlah factor. Hal ini tergantung pada bagaimana.:
·
Menggunakan
informasi peluang untuk menyusup kepasar yang mengguntungkan.
·
Mengakses
sumber daya yang produktif
·
Mengakses
pasar
·
Mengatisi
rintangan masuk pasar
Perusahaan – perusahaan mapan biasanya beroperasi
lebih baik dibanding perusahaan – perusahaan baru karena factor-faktor diatas.
Masuk kepasar dapat berlangsung dalam bagaimana keadaaan misannya :
·
Keunggulan
kopetitif biaya strategi penjualan, atau daya Tarik produk dari pendapatan baru
yang memungkinkannya mengatasi pukulan fatal bagi anggota- anaggota lemah yang
dilancarkan oleh kelompok perusahhan yang telah mapan sebelumnya.
·
Pendatang
baru dapat meraup, sejumlah besar lapangan usaha dari berapa anggota kelompok
yang karena sebab tentu keunggulan kompetitifnya tidak bisa ditanding! Oleh
para pendatang
·
Kelompok
dimekarkan oleh pendatang baru tersebut. Mampu mencapai ekuilibrium pada
tingkat harga yang lebih tinggi, menutup biaya-biaya unit yang lebih besar yang
dapat muncul dari pengeluaran skala operasi dari setiap perusahaan.
·
Perusahaan
–perusahaan yang telah mapan unggul terhadap perusahaan baru sebagai bagian
dari strategi hubungan antara perusahaan yang dilibatkan pasar untuk produk
lain.
Comments
Post a Comment