analisis pasar internasional


                                                ANALISIS PASAR INTERNASIONAL 
Nurul hidayat
Ahmad ahyarullah                                                                           
Mardones
Abdulrotip                                                                                                                                                   
                Pemasaran internasional sering mencerminkan dimana pola pengeluaran berada diseluruh dunia dan terkait dengan budaya daerah, Adat, dan pengaruh social ekonomi lainnya. Riset analisis pasar internasional bisa sangat menantang ketika mencoba mengumpulkan data bagian terpencil dunia, Dimana perbedaan Bahasa dan aksebilitas terbatas pada orang luar menimbulkan hambatan komunikasi. Riset pemasaran internasional sangat penting untuk perusahaan yang berencana untuk mengekspor barang-barang mereka ke negara lain.
            Riset pemasaran internasional mengikuti langkah-langkah seperti riset domistik dari merumuskan masalah riseet dan pengembangan rencna riset sampai dengan menginterpretasi dan melaporkan hasilnya. Jika digunakan dengan baik dan tepat, maka riset pemasaran bermanfaat baik untuk perusahaan yang mengsponsori maupun pelanggannya.membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik yang pada gilirannya menghasilkan produk dan jasa Yang lebih memenuhi kebutuhan konsumen.
Kebijakan Public Dan Etika Dalam riset Pemasaran
            Jika digunakan dengan baik yang tepat, Maka riset pemasaran bermanfaat baik untuk perusahaan yang mengsponsori maupun untuk pelanggannya.membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik yang pada gilirannya akan menghasilkan produk dan jasa yang lebih memenuhi kebutuhan konsumen.
Analisis Informasi
            Informasi yang dikumpulkan oleh nintelejen pemasan analisis pasar internasional dan system riset pemasarmn pemasaran sering kali masih memerlukan analisis dan adakalanya manager perlu bantuan lebih lanjut menerapkkannya dalam menghadapi masalah dan keputusan pemasaran.
Analis Peluang Internasional
            Suatu perusahaan akan memasuki pasar luar negeri, Dikarenakan tujuan untuk meningkatkan laba penjualan dan penjualan serta melindungi pasar, Keuntungan, Dan penjualan. Oleh karena itu suatu perusahaan perlu untuk merumuskan strategi bisnis internasional mulai dari menganalisi peluang internasioanal. Dalam analisis ini, Suatu perusahaan perlu mengetahui cara-cara masuk yang di pakai untuk bersaing dalam suatu pasar.

Tahap 1) : Indentifikasi daya Tarik utama
            Kita telah melihat bahwa perusahan-perusahaan internasional selesai mengingkatkan penjumlahan juga untuk mendapatkan sumber daya langka utama dalam mengidentifikasi pasar potensial adalah untuk menilai permintaan dasar untuk suatu produk. Demikian pula, lankah pertama dalam memilih tempat untuk falitas dalam melakukan prudoksi atau kegiatan lain adalah menyelidiki ketersediaan  sumber daya yang diperlukan .

Masuk dan kompetisi pasar international
            Salah satu perkembangan paling signifikan dalam Praktik dunia usaha dewasa ini adalah pertumbuhan pesat aktifitas internasional. Ekspor, investasi langsung asing dan penetuan sumber pengaadaan produk dalam komponen di luar negeri telah merebak secara dramatis dalam situasi seperti itu. Banyak perusahaan yang memasuki pasar internasinal untuk mencari sumber komponen secara lebih efektif dan memasuki pasar produk yang bertumbuh yang lebih menjanjikan dibaningkan pasar domestik
Konsep masuk pasar
            Konsep masuk pasar (market entry)  berkaitan dengan kemudahan atau kesulitan didalamnya perusahaan dapat menjadi anggota kelompok perusaahaan yang bersaing dengan menghasilkan subtitusi erat untuk produk yang mereka tawarkan.perusahaan hars mengembangkan seprangcat produk, asset, dan aktifitas manajemen untuk pasar baru yang disusupi kepentingannya disini terletak pada kepentingan pasar internasional baru. Masuk yang berhasil akan tergantung pada sejumlah factor. Hal ini tergantung pada bagaimana.:
·         Menggunakan informasi peluang untuk menyusup kepasar yang mengguntungkan.
·         Mengakses sumber daya yang produktif
·         Mengakses pasar
·         Mengatisi rintangan masuk pasar
Perusahaan – perusahaan mapan biasanya beroperasi lebih baik dibanding perusahaan – perusahaan baru karena factor-faktor diatas. Masuk kepasar dapat berlangsung dalam bagaimana keadaaan misannya :
·         Keunggulan kopetitif biaya strategi penjualan, atau daya Tarik produk dari pendapatan baru yang memungkinkannya mengatasi pukulan fatal bagi anggota- anaggota lemah yang dilancarkan oleh kelompok perusahhan yang telah mapan sebelumnya.
·         Pendatang baru dapat meraup, sejumlah besar lapangan usaha dari berapa anggota kelompok yang karena sebab tentu keunggulan kompetitifnya tidak bisa ditanding! Oleh para pendatang
·         Kelompok dimekarkan oleh pendatang baru tersebut. Mampu mencapai ekuilibrium pada tingkat harga yang lebih tinggi, menutup biaya-biaya unit yang lebih besar yang dapat muncul dari pengeluaran skala operasi dari setiap perusahaan.
·         Perusahaan –perusahaan yang telah mapan unggul terhadap perusahaan baru sebagai bagian dari strategi hubungan antara perusahaan yang dilibatkan pasar untuk produk lain.



           

Comments

Popular posts from this blog

Islam dan politik etis masa kolonial

Kamu punya hati ?

ANALISIS PENDISTRIBUSIAN ZAKAT FITRAH MENURUT IMAM SYAFI’I